Selasa, 22 Juli 2014

Faktor Penyebab Kanker Payudara




Faktor penyebab dari kanker payudara yang harus dikenali dan di waspadai :
 
1. Kanker payudara biasa menyerang perempuan yang lebih tua
Memang benar bahwa resiko kanker payudara meningkat seiring kedewasaan seseorang. Namun, kanker payudara sebenarnya dapat dialami semua usia. Dari usia lahir sampai 39 tahun, satu dari 231 perempuan terkena kanker (<0,5% resiko); Dari usia 40-59 tahun, satu dari 25 jiwa (4% resiko); Dari usia 60-79 tahun terdapat satu dari 15 jiwa (hampir 7%). Penelitian menyebutkan 77% kasus kanker payudara muncul pada usia diatas 50 tahun. Apabila Anda hidup sampai berusia 90 tahun, resiko Anda mengalami kanker payudara selama hidup adalah satu dari 7 jiwa, dengan total keseluruhan resiko 14,3%.
2. Jika Anda memiliki faktor resiko kanker payudara, maka Anda cenderung mengalami penyakit ini
Kanker payudara bukanlah suatu kepastian, bahkan jika Anda memiliki salah satu faktor dari faktor-faktor resiko yang kuat, seperti kelainan gen kanker payudara. Perempuan dengan kelainan warisan genetic BRCA1 atau BRCA2, 40%-80% nya akan mengalami kanker payudara pada masa hidupnya. Sebaliknya 20%-60% tidak akan mengalami kanker payudara. Sementara, faktor-faktor resiko lainnya memiliki peluang lebih rendah untuk didiagnosis sebagai kanker payudara.
3. Jika keluarga Anda tidak memiliki riwayat kanker payudara, maka Anda tidak akan mengalami kanker payudara
Setiap perempuan beresiko mengidap kanker payudara. Sekitar 80% dari perempuan yang terkena kanker payudara, tidak memiliki riwayat kanker payudara dari keluarganya. Bertambahnya usia – semakin bertambahnya usia organ tubuh – merupakan resiko terbesar kanker payudara. Bagi perempuan yang tidak memiliki riwayat kanker payudara di keluarganya, tingkat resiko mungkin bisa sedikit lebih besar, sangat besar atau sama sekali tidak lebih besar dari perempuan yang tidak memiliki riwayat kanker payudara.
 
Sadari dari gejala kanker payudara

4. Hanya riwayat kanker payudara dari keluarga ibu saja yang berpengaruh
Riwayat kanker payudara, baik dari ayah maupun ibu Anda, sama besar resikonya. Itu karena setengah gen Anda disumbangkan oleh ibu dan setengahnya lagi oleh ayah Anda. Akan tetap, seorang pria yang memiliki kelainan gen kanker payudara pada keluarganya, memiliki potensi yang lebih kecil untuk mengalami kanker payudara dibandingkan dengan perempuan dengan gen yang sama. Maka, apabila Anda ingin mempelajari riwayat kesehatan keluarga ayah Anda, Anda harus memperhatikan perempuan-perempuan dari keluarga ayah Anda juga, bukan hanya pria nya
5. Penggunaan antiperspirant (deodorant) dapat beresiko kanker payudara
Tidak ada bukti mendukung pernyataan bahwa bahan aktif yang tedapat pada antiperspirant (deodorant) atau mengurangi keringat pada ketiak Anda dapat memacu resiko kanker payudara. Hubungan antara kanker payudara dengan antiperspirant tersebut merupakan informasi yang salah tentang anatomi dan kanker payudara.
6. Penggunaan pil kontrsepsi dapat mengakibatkan kanker payudara
Pil kontrasepsi pada saat ini sudah memiliki kandungan hormone estrogen dan progesterone dalam dosis rendah. Banyak penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara pil kontrasepsi dan meningkatnya resiko kanker payudara. Penelitian-penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa resiko ini menurun seiring waktu. Jadi, setelah 10 tahun pil kontrasepsi tidak lagi dikaitkan dengan resiko penyebab kanker payudara.
7. Memakan makanan berlemak dapat menyebabkan kanker payudara
Sejumlah penelitian besar tidak dapat menemukan adanya hubungan antara mengonsumsi makanan berlemak dan resiko kanker payudara. Namun, sejumlah penelitian yang sedang berlangsung masih mencoba untuk mengklarifikasi masalah ini lebih lanjut. Kelebihan berat badan adalah faktor resiko kanker payudara karena karena lemak yang berlebih dapat meningkatkan produksi estrogen di luar ovarium dan menambah tingkat estrogen dalam tubuh.
8. Periksa payudara Anda sebulan sekali adalah cara  terbaik untuk mendiagnosis kanker payudara
Digital mamografi dengan kualitas tinggi adalah cara yang paling akurat untuk menemukan kanker payudara sedini mungkin. Pada saat kanker payudara sudah dapat dirasakan, pada umumnya ukuran payudara akan terasa lebih besar dibandingkan dengan ukuran payudara saat pemeriksaan mamografi. Namun begitu, pemeriksaan payudara sendiri atau layanan kesehatan lainnya masihlah penting.
9. Pria bebas dari kanker payudara
Pria juga dapat terkena kanker payudara walau persentasenya lebih kecil daripada perempuan. Bahkan penyebaran kanker payudara pada pria lebih cepat karena jaringan sekitar payudara pria lebih tipis dari perempuan sehingga tahap awal mungkin sudah terjadi pelekatan pada jaringan sekitarnya.
10. Penderita tumor di payudara ketika menyusui akan meningkatkan resiko kanker pada anaknya.
Studi yang dilakukan menunjukkan bahwa sel kanker tidak dapat terbawa melalui menyusui. Sel kanker tidak terdapat pada susu sehingga tidak akan terbawa.
11. Kanker payudara dapat disebabkan oleh adanya luka dipayudara
Tidak ada bukti yang menunjukkan benturan pada payudara dapat meningatkan resiko terkena kanker payudara.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Dien Setyadi